Ancaman cyber makin banyak, dan phishing merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk melakukan peretasan terhadap keamanan, baik itu sisi mesinnya, atau akun yang dimiliki oleh penggunanya.

Apalagi dengan banyaknya pengguna ponsel, yang terkadang agak susah untuk melakukan pengecekan jika ada orang yang mengirimkan tautan/link ke WhatsApp kita misalkan, karena dengan ini si penyerang bisa dengan mudah meretas targetnya.

Tautan yang dikirim biasanya dalam bentuk tautan yang sudah diringkas, bisa dengan menggunakan layanan seperti bit.ly, atau juga t.co (twitter X), karena tautan tersebut agak susah untuk dilihat URL asli-nya, maka mudah sekali menggunakan cara ini untuk mengirimkan serangan.

Untuk menghindari hal-hal seperti serangan-serangan, tentunya dengan bijak memahami dan tidak secara langsung klik tautan tersebut, idealnya, jika si pengirim tidak dikenal, atau mengaku-ngaku sebagai pihak yang berwenang.

Untuk mengecek tautan apakah berbahaya atau tidak, ada cara untuk melakukan pengecekan, berikut layanan yang terpercaya yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan.

Dan tentunya masih banyak situs yang menyediakan layanan pengecekan ini, tapi ini bisa menjadi langkah awal agar bisa lebih aman di internet.

Hal di atas tentunya tidak bisa melindungi kita di internet, sudah pasti kita memerlukan perlindungan lainnya, seperti memasang antivirus, firewall, dan aplikasi pelindung seperti Microsoft Defender atau aplikasi sejenis.